“Ponsel Pintar Turunkan Berat Badan”



Menggunakan aplikasi simpel pada ponsel pintar untuk memotret makanan yang dilahap seseorang bisa membantu ia menurunkan berat badan. Aplikasi yang didesain oleh para dokter asal Inggris tersebut bertujuan
untuk mempromosikan “memori makanan” sehingga orang-orang dapat mengingat apa saja yang sudah mereka lahap, sehingga terpacu untuk tidak ngemil makanan yang tinggi kalori.Ada tiga bagian dalam aplikasi itu:
Sebelum mengonsumsi makanan atau minuman, para pengguna memotret apa yang hendak mereka masukkan ke mulut.
Setelah selesai makan atau minum, para pengguna lantas melihat foto makanan atau minuman yang telah mereka ambil, dan menjawab pertanyaan mengenai pengalaman mereka mengonsumsi makanan dan minuman tersebut: “Apakah Anda menghabiskan semuanya?” dan “Seberapa kenyang Anda saat ini?”
Sebelum jam makan selanjutnya, para pengguna juga melihat kembali file foto-foto yang telah mereka jepret sepanjang hari itu, dan mendapatkan pesan singkat (SMS) yang mendorong mereka mengingatkan diri sendiri akan apa saja yang telah mereka lahap.
Para peneliti merekrut 12 pria dan wanita yang kelebihan berat badan atau mengalami obesitas, lantas mengamati mereka selama empat minggu. Relawan-relawan itu rata-ratamengakses aplikasi lebih dari lima kali dalam sehari, dan mencatat 2,7 “episode” makan dan minum per hari.
Selama masa penelitian, mereka yang terlibat rata-rata mengalami penurunan berat badan sebesar 1,5kg. Sebanyak enam orang kehilangan bobot tubuh sebanyak satu kilogram atau lebih, dan empat orang mengalami penurunan berat antara nol dan satu kilogram. Meski demikian ada dua orang yang malah naik berat badan mereka, kira-kira 100 dan 400 gram.“Meningkatkan kepedulian akan kegiatan makan dan penurunan berat badan yang berhasil dicapai menunjukkan bahwa pendekatan semacam itu bermanfaat,” ungkap Eric Robinson, peneliti dari University of Liverpool. “Mengingat penelitian kami merupakan intervensi yang sangat singkat dengan waktu kontak yang sedikit dan tanpa konsultasi atau dukungan  nutrisi,


penemuan ini cukup menjanjikan.
height= height=
height= height= height= height=

Popular Posts

height= height= height= height=
height= height= height= height=