Menyelesaikan Masalah Tanpa Depresi.



Anda tak akan bisa memecahkan masalah apa pun jika terus berpikiran negatif. Sebab berpikiran negatif akanmembawa Anda menuju depresi, yakni suatu keadaan di mana dunia tampak sebagai tempat yang suram dan membosankan. Untuk itu,latihlah diri Anda agar senantiasa berpikiran positif. Berikut langkah-langkahnya:
1.   Kenali kata atau konsep negatif dalam setiap kalimat yang biasa Anda ucapkan.
2.   Hilangkan -atau ubah menjadi positif, dan 'keinginan' positif pun akan muncul.
3. Tambahkan "bila..." atau "bilamana..." untuk membuat keinginan Anda menjadi kenyataan.
Contohnya, kalimat: "Aku takkan mungkin mengatasi problema ini."
1. Kata negatif: takkan mungkin. Buang kata itu dan ganti dengan keinginan Anda.
2. Keinginan positif: "Aku akan mengatasinya."
3. Tambahkan sesuatu pada kalimat itu untuk membuatnya lebih positif lagi, seperti: "Aku akan mengatasinya bila aku segera minta saran profesional." Lihat betapa kalimat awal menyiratkan perasaan putus asa, sementara kalimat akhir memiliki rasa optimisme.
Dua aturan emas berpikir positif
Bila Anda sedang berjuang untuk mengatasi problema berat, ide berikut dapat membawa hasil memuaskan. Berpikirlah, bahwa:
1. Apa yang dapat kulakukan sekali, dapat kulakukan untuk kedua kalinya.
2. Apa yang dapat kulakukan sedikit, dapat kulakukan banyak.Ambil contoh seseorang yang mengidap penyakit kronis, situasi yang sering membuat orang merasa stres. Kalau Anda menghadapi masalah ini, Anda dapat mengenali posisi tubuh bagaimana, atau tindakan apa yang dapat mengurangi rasa sakit ini, sekalipun sedikit. Cari lebih banyak lagi, agar dapat mengurangi rasa sakit Anda sedikit demi sedikit, hingga akhirnya Anda merasa benar-benar nyaman.
Penegasan
Kadang-kadang Anda perlu punya 'tabungan' pernyataan positif yang bisa Anda pakai kapan saja Anda merasa stres atau menghadapi masalah yang berulang.
Berikut beberapa contoh kalimat-kalimat positif soal target dan kemampuan:
1.  Aku semakin tenang dan fleksibel setiap hari.
2. Aku dapat meningkatkan rasa percaya diri dalam kemampuanku menanggulangi masalah.
3.  Aku akan mengatasi stres secara lebih mudah.
4.  Aku dapat membangun kekuatan dan energi, baik mental maupun fisik.




5.  Aku dapat menilai orang dengan cara positif.
6.  Aku dapat membiarkan pikiran dan tubuhku bekerjasama.
height= height=
height= height= height= height=

Popular Posts

height= height= height= height=
height= height= height= height=