Sekilas tentang PIEN TZE HUANG


Pada tahun 1555, semasa kaisar Shizong dinasti Ming, seorang tabib istana karena tidak puas pada pemerintahan tirani kaisarnya, melarikan diri meninggalkan ibukota dengan membawa formula resep obat rahasia istana. Dalam pelariannya, ia menetap sebagai pendeta di kota Zhang zhou, Fujian.
Ia berpraktek menolong penduduk di sekitarnya. Dengan teknik khusus diraciknya formula resep obat rahasia istana menjadi obat Pien Tze Huang, yang mempunyai arti : dengan satu pien (tablet atau pil) dapat menghilangkan huang (peradangan).
Karena khasiatnya luar biasa obat itu tersebar luas, bahkan ke luar Tiongkok mengikuti para perantau; terutama ke Asia Tenggara.
Pada saat perang Vietnam, tentara Amerika menjadikan Pien Tze Huang sebagai salah satu kebutuhan obat dalam perang di hutan belantara, karena menyadari manfaatnya dalam menyembuhkan luka tembak dan bacok, bisul dan gigitan ular, yang tidak berhasil diobati dengan antibiotika.

Hasil penelitian laboratoris dan klinis secara ilmu kedokteran, pada saat ini telah mendudukkan Pien Tze Huang sebagai "obat mujarab pusaka negara" RRC.
Susunan Formula


Susunan formula dan teknik pembuatan Pien Tze Huang merupakan rahasia negara RRC, yang dilindungi dan dijaga dengan ketat. 4 buah bahan obat dari formula Pien Tze Huang telah dibuka untuk umum yaitu :


1. Shexiang (Moschus)


Sekresi kering dalam kantung yang terletak di bawah pusar (kista subumbilikus) sejenis kijang, Moschus moschiferus Linnaeus jantan dewasa. Bahan obat yang berbau khusus dan berkhasiat merangsang kesadaran, melancarkan peredaran darah dan menghilangkan nyeri.

2. Niuhuang (Calculus bovis)


Batu empedu dalam kandung empedu dan saluran empedu sapi Bos taurus domesti-cus Gmelin. Bahan obat ini berkhasiat menghilangkan panas dalam, angin, kejang, reak dan merangsang kesadaran.

3. Shedan (Fel serpentis)


Empedu kering ular, yang berkhasiat menghilangkan panas-dalam, menormalkan fungsi paru dan hati, mempertajam penglihatan dan melancarkan pelepasan empedu.

4. Tianqi (Radix notoginseng)


Tianqi disebut juga sanqi; menyerupai renshen (radix ginseng).
Bahan obat ini berkhasiat melancarkan peredaran darah dan menghilangkan nyeri.


height= height=
height= height= height= height=

Popular Posts

height= height= height= height=
height= height= height= height=