Masa Subur Setelah Haid


Masa Subur Setelah Haid

Masa subur setelah haid adalah dengan adanya haid yang menandakan wanita sudah mengalami kematangan biologis. Hal ini menunjukkan adanya perkembangan sel telur dan terjadinya ovulasi. Oleh karena itu, siklus haid yang teratur dapat dipakai untuk memperikirakan masa subur wanita.
Masa subur diperkirakan terjadi pada 14 hari sebelum haid yang akan datang. Bila wanita mengalami siklus haid teratur, yaitu 28 hari setiap periode, maka masa subur dapat dengan mudah diperkirkan. Masa subur terjadi pada 14 hari (28-14 hari ) terhitung dari hari pertama haid. Agar terjadi pembuahan, senggama dapat dilakukan pada hari ke-12 , ke-14 dan ke-16 setelah haid pertama.
Setelah haid, hormon wanita estrogen dan progesteron beraada dalam kadar yang rendah. Hal ini mengakibatkan otak mengeluarkan hormon untuk merangsang indung telur agar menghasilkan sel telur (ovum) matang. Beberapa sel telur (yang terbaik) akan bereaksi, membesar dan menghasilkan hormon wanita ini.
Masa produktif wanita tidak berlangsung seumur hidup. Umumnya pada usia lebih dari 45 tahun indung telur wanita tidak dapat lagi menghasilkan sel telur. Pada masa ini wanita dikatakan mengalami masa menopause. Pada masa menopause hampir dipastikan wanita tidak dapat lagi mengalami kehamilan. Hal ini disebabkan tidak adanya sel telur yang dapat dibuahi untuk mendatangkan kehamilan.
Wanita usia produktif pun sering ditemukan tidak mampu menghasilkan sel telur terkena berbagai penyebab. Adanya gangguan hormon organ indung telur akibat opearsi kista atau mioma dapat menyebabkan wanita tidak mampu menghasilkan sel telur. Demikian juga operasi yang menyebabkan diangkatnya ovarium atau terjadinya kerusakan ovarium akibat penyakit menjadi penyebab wanita tidak mampu menghasilkan sel telur.
Masa subur wanita setelah haid dapat dihitung dengan melakukan perhitungan minggu subur sebagai berikut :
1. Menstruasi wanita teratur antara 26-30 hari
2. Masa subur dapat diperhitungkan yaitu menstruasi hari pertama ditambah 12 yang merupakan hari pertama minggu subur dan akhir minggu subur adalah hari pertama menstruasi ditambah 19.
3. Puncak minggu subur adalah hari pertama menstruasi di tambah 14.
Sebagai contoh, seorang wanita menapat menstruasi tanggal 5 Maret. Maka perhitungan minggu suburnya adalah antara tanggal 17-24 Maret, sehingga harus menghindari hubungan seks untuk mencegah kehamilan.
height= height=
height= height= height= height=

Popular Posts

height= height= height= height=
height= height= height= height=