Mengenal batuk yang sudah kronis


Mengenal batuk yang sudah kronis

Bila batuk tak kunjung sembuh lebih dari tiga pekan, jangan dianggap enteng. Ini sudah menjadi pertanda serius. Batuk kronis seperti itu mungkin saja menunjukkan adanya penyakit lain yang bukan sekadar batuk biasa seperti pada saat terkena flu, misalnya. Lalu, apa saja kemungkinan penyebabnya? Berikut, penjelasan Dr. Thamrin M.RS. Khusus THT – Bedah Proklamasi, Jakarta Pusat.
Perlu diketahui bahwa batuk sebenarnya merupakan reaksi otomatis tubuh bila ada benda asing dari luar yang masuk ke dalam saluran pernapasan, seperti asap kendaraan, debu, atau asap rokok. Benda-benda asing itu kemudian berubah menjadi lendir (dahak) di saluran pernapasan, yang kerap menganggu kita saat bernapas. Tubuh kita kemudian akan berusaha mengeluarkan lendir tersebut. Caranya? Ya, melalui mekanisme batuk tadi.
“Jadi batu itu sebenarnya bentuk pertahanan tubuh kita yang sedang berusaha mengeluarkan partikel-partikel asing yang berada di sekitar saluran pernapasan,” jelas Dr. Thamrin. Jika partikel asing tersebut berhasil dikeluarkan, maka batuk akan berhenti dengan sendirinya. 
Benda asing yang masuk kadang ‘membandel’ dan tak bisa dikeluarkan dari saluran pernapasan, sehingga lendir diproduksi terus menerus. Jika demikian, terjadi batuk kronis yang biasanya bisa berlangsung hingga tiga sampai empat minggu. Kondisi ini bisa dijadikan petunjuk awal adanya sesuatu yang tidak beres pada saluran pernapasan.

Jika batuk tak juga kunjung sembuh, bisa jadi ada gangguan lain di bagian hidung, sinus, tenggorok, rongga mulut, dinding tenggorok, hingga laring dan paru-paru. Misalnya, sinusitis, pilek yang kronis, faringitis, bronchitis atau gangguan lainnya yang bisa saja serius. Biasanya dokter akan mencari sumber penyebabnya dengan cara memeriksa seluruh bagian tersebut. “Setelah diketahui sumber penyebabnya barulah dokter bisa menentukan langkah pengobatan yang akan dilakukan. Semakin cepat diperiksakan ke dokter semakin cepat pula proses pengobatannya,” jelas. Dr. Thamrin.
height= height=
height= height= height= height=

Popular Posts

height= height= height= height=
height= height= height= height=