Si Kecil Suka Ngemut Jempol? Stop Kebiasaannya



Para ahli mengatakan, mengemut jempol adalah hal yang alami terjadi pada bayi. Dilansir olehsg.theasianparents.com, mengemut jempol dapat memberikan rasa nyaman pada gusi selama bayi tumbuh gigi. Dr. Willian Sears mengatakan, selama tahun pertama, bayi mengidentifikasi kegiatan mengemut jempol dengan kesenangan, sehingga mereka mempertahankan kebiasaan itu sepanjang masa balita.Walaupun terjadi secara alami, tapi orang tua perlu memperhatikan tanda-tanda kapan kebiasaan ini perlu dihentikan. Yaitu:
1.      Saat anak Anda mengemut jempolnya sepanjang hari yang mengakibatkan rasa sakit pada mulut dan giginya
2.      Saat anak Anda mengalami masalah bicara, bermain atau berinteraksi dengan teman-temannya karena tangan dan mulutnya selalu 'sibuk'
3.      Saat anak Anda mengalami masalah pertumbuhan gigi
Lalu, bagaimana ya cara menghentikan kebiasaan ini? Anda dapat melakukan 5 cara berikut ini:
·         Berikan mainan yang cukup besar untuk dipeluk sehingga menghindarkan si kecil dari keinginan memasukkan jempol ke mulut
·         Hindari mengadakan 'permusuhan' dengan kebiasaan ini, apalagi memarahi si kecil. Berikan pengertian bahwa kebiasaan ini tidak baik untuknya atau sibukkan tangannya secepatnya saat Anda melihat ia mulai memasukkan jempol ke mulut.
·         Hindari menghukum anak dengan cara yang tak menyenangkan, misalnya melumuri jempol anak dengan cabe. Hal ini justru akan menimbulkan trauma pada anak.


Jika anak Anda tak kunjung menghentikan kebiasaannya hingga usianya lebih dari 3 tahun, ajaklah anak Anda kepada dokter yang telah ahli karena bisa jadi hal ini berhubungan dengan masalah gigi, mulut atau juga perkembangan psikologisnya.

height= height=
height= height= height= height=

Popular Posts

height= height= height= height=
height= height= height= height=