87 Apoteker Unair Siap Sukseskan JKN


87 Apoteker Unair Siap Sukseskan JKN

Surabaya (Antara Jatim) – Sebanyak 87 apoteker Universitas Airlangga (Unair) Surabaya yang sudah disumpah (27/2) dan mendapatkan sertifikasi siap menyukseskan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).
“Tugas seorang apoteker itu menjalankan tugas negara,” kata Dekan Fakultas Farmasi (FF) Unair Surabaya Dr Hj Umi Athiyah MS Apt di Surabaya, Jumat.
Menurut dia, apoteker merupakan salah satu petugas negara yang mengabdi berdasarkan keahlian atau ilmunya untuk melindungi masyarakat di bidang kesehatan.
“Jadi, apoteker itu mewakili negara untuk mengatur penggunaan obat hasil farmasi serta untuk menghindari penyalahgunaan terhadap produk kefarmasian,” katanya.
Di sela-sela penyerahan sertifikasi kepada 87 apoteker baru periode ke-97 oleh anggota Komite Farmasi Nasional (KFN) Drs Bambang Triwara Apt di kampus setempat (27/2), ia menjelaskan negara sangat berharap dengan lulusan apoteker berkualitas untuk pengabdian kepada nusa dan bangsa.
“Dengan demikian, sejak seorang apoteker baru disumpah, tentunya harus sudah siap mengabdi untuk kepentingan kemanusiaan di bidang kesehatan, sekaligus menghadapi persaingan global,” katanya.
Sementara itu, Ketua KFN Drs Purwadi Apt MM ME dalam sambutan tertulis yang dibacakan anggota KFN Drs Bambang Triwara Apt menegaskan bahwa apoteker baru harus siap bersaing di pasar global.
“Meski 80 persen dari 45.365 apoteker yang sudah bersertifikasi itu adalah perempuan, maka mereka tetap harus siap bersaing,” kata Purwadi dalam sambutan tertulis itu.
Untuk itu, pemerintah terus memperkuat sistem peningkatan kesehatan masyarakat yang antara lain untuk menjawab tuntutan masyarakat, yakni melalui Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).
“Apoteker mempunyai arena pengabdian khusus yang luas yaitu membantu masyarakat (pasien) memanfaatkan pengobatan secara optimal dan ikut melakukan pencegahan terhadap penyakit,” katanya.
Untuk itulah, kata alumni FF Unair itu, seorang apoteker dituntut untuk mampu memberikan pelayanan secara optimal terhadap peningkatan sistem kesehatan secara menyeluruh.
height= height=
height= height= height= height=

Popular Posts

height= height= height= height=
height= height= height= height=