Timun Suri Segar Menyehatkan


Timun Suri Segar Menyehatkan

Timun suri (Cucumis sativus) jika disimpan pada suhu ruang akan lebih cepat
layu dan busuk. Supaya awet segar, simpan timun ini di kulkas.
Kandungan air dalam timun suri, sekitar 95 persen. Selain itu banyak nutrisi di dalamnya, seperti karbohidrat (3.6 gr/100 gr), gula (1,7 gr), serat pangan (0,5 gr), lemak (0,11 gr), protein (0,65 gr), vitamin B6 (0,04 mg), thiamin (0,027 mg), riboflavin (0,033 mg), niacin (0,098 mg), kalsium (16 gr), zat besi (0,28 gr), magnesium (13 mg), fosfor (24 mg), potasium (24 mg), zink (0,20 mg). 
Dengan kandungan gizi tersebut, berbagai manfaat sehat di bawah ini dapat diperoleh dari timun suri. Tentu akan lebih baik jika kita mengonsumsi timun suri tanpa tambahan gula (sirup) yang berlebihan. 
* Glukosa dan fruktosanya akan memberikan energi lebih cepat bagi tubuh. Ini yang membuat timun suri cocok sebagai takjil saat berbuka puasa, sehingga energi tubuh segera pulih.
* Mengurangi iritasi kulit dan bengkak, berkat kandungan asam kafeat dan vitamin C.
* Vitamin C-nya juga baik untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan elastisitas kulit dan pembuluh darah, serta mencegah timbulnya bercak-bercak di kulit.
* Asam folat dan vitamin A-nya penting untuk memelihara jantung dan mata, juga bersifat antioksidan.
* Berbagai mineral (kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, zink, dan mangan) di dalamnya berperan dalam aktivitas metabolisme tubuh.
* Kandungan potasium yang cukup dan rendah sodium membuat timun membantu *
Mineral silika dalam timun suri penting untuk menjaga kesehatan jaringan sendi, menurunkan tekanan darah tinggi.
termasuk otot, tendom, ligamen, kartilago, dan tulang. Silika juga dapat membantu memperbaiki kulit yang bermasalah.
* Kadar air yang tinggi membuat timun mampu menghidrasi kulit sehingga lebih bercahaya, juga membersihkan tubuh dari sampah dan racun atau membantu detoksifikasi.
* Serat timun suri lumayan tinggi, sehingga baik dikonsumsi pengidap diabetes. Serat ini juga menyehatkan saluran pencernaan.
* Senyawa saponinnya akan membantu mencegah kanker dan menurunkan kadar kolesterol. 
* Asam linoleat dalam timun suri berfungsi sebagai antioksidan, sehingga mampu menangkal penyakit degeneratif akibat radikal bebas.
height= height=
height= height= height= height=

Popular Posts

height= height= height= height=
height= height= height= height=